Ketika bingung membuat makalah

Ini dia judul tugas akhir , "Hukuman Mati Bagi Koruptor Tidak Bertentangan Dengan Pancasila". Pas dapet judul ini, gue harus ngulang baca sampe kurang lebih 9 kali sebelum akhirnya gue menyadari betapa ga mudengnya gue. belum lagi judul itu harus dikembangin dalam sebuah tugas akhir yang berbentuk makalah. Yaa Tuhan, hhh.

Belum lagi di makalah itu harus dilampiran wawancara dengan sumber terkait dengan judul makalah. Yaaa ampun. Pertamanya gue pikir, gue harus mewawancarai si koruptor yang mau di hukum mati. Sereeem ajaaa! Setelah gue telaah judulnya, gue punya ide untuk mewawancarai salah satu dosen Fakultas Hukum. Gue tanya dosen gue, dan katanya gue boleh wawancarain dosen Fakultas Hukum.Hip Hip Yeyyy!

Karena ini tugas akhir, maka gue putusin untuk mengerjakannya seiprit-iprit. Misal, minggu pertama gue ngerjain halaman judul sama halaman pengesahan dulu, minggu ke dua gue lanjutin ngerjain daftar isi sama bab1 pendahuluan, dan seterusnya.

ketika gue sudah berada pada satu langkah untuk membuat judul. Kerikil-kerikil halus pun datang menghampiri. Gue ga tau halaman judul formatnya gimana, boleh pake gambar-gambar kartun apa engga. Boleh paake emoticon apa engga, dan lain-lain. Seriusnya, gue ga tau format halaman judul itu seperti apa. Harus ada nama lembaga pendidikannya atau tidak, harus ada nama dosennya atau tidak. Intinya gue bingung karena ga tau apa-apa.

akhirnya gue cari di google semua tetek-bengek sebuah makalah. Gue lengkapin semua informasi yang gue dapet. Gue mantepin dan gue berniat buat ngerjain sungguh-sungguh biar dapet nilai A. semakin semangat, semakin gue cari informasi dari semua kalangan baik dosen maupun mahasiswa, saking niatnya gue bikin plan ABCD.

dengan kesungguhan gue dan kekuatan niat gue aka makalah itu. setelah gue pahami langkah-langkah pembuatan makalah. Setelah kerikil-kerilkil kecil sudah sering gue jumpai. Akhirnya dateng kerikil segede TEMBOK, yaitu perasaan alamiah seorang manusia biasa yang sangat akrab ditelinga kita sehari-hari.apalagi kalau bukan MALAS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percakapan Bahasa Jepang

Ada pengabdian dibalik usaha balik Modal Dokter

Nilai, Sikap dan Perilaku Organisasi